Walkot Makassar Gelar Festival Merebus Besok, Terkait Minyak Goreng Langka

Makassarinfo.co.id, Makassar – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto bakal menggelar festival merebus pada Minggu (27/3) besok. Danny mengajak emak-emak menyukseskan festival rebus ini karena dapat menghemat minyak goreng atau menjadi salah satu solusi kelangkaan.
“Persoalan minyak goreng itu ada dua solusinya. Pertama tambah kuota minyak goreng, ini kan tidak. Yang kedua kurangi. Nah upaya pengurangan ini harus ada pendidikan masyarakat, caranya biasakan dengan rebus,” kata Danny saat dihubungi detikSulsel, Sabtu (26/3/2022).

Festival rebus ini digelar pada Minggu (27/3). Kegiatan tersebut diagendakan serentak diikuti warga di tingkat RT/RW se-Kota Makassar.

Namun Danny memastikan festival rebus akan digelar di rumah masing-masing peserta. Dia memastikan tak ada perkumpulan di suatu titik karena festival rebus ini akan digelar di rumah masing-masing.

“Jadi ini lebih kepada festival dalam rumah sendiri. Tidak usah ramai-ramai. Ini kan baru mulai,” kata Danny.

Dia menambahkan, peserta festival rebus akan merebus makanan. Selanjutnya, peserta juga akan membuat vlog dan membagikan kegiatan merebus di rumah ke media sosial.

“Jadi besok di rumah masing-masing syuting, misalnya saya nanti besok masak sendiri kan, saya masak misalnya ubi, dia masak tidak cukup satu menit posting, terus mengajak semua orang,” kata Danny.

“Iya ngevlog semua, semua kasi dukungan, saya sudah merebus, karena saya mau sehat,” katanya lagi.

Danny mengaku optimis festival rebus dapat mengedukasi masyarakat, terutama terkait hidup sehat dan solusi menghadapi kelangkaan minyak goreng.

“Bayangkan 1 hari saja dia hemat dia merebus satu hari, makanya 1/7 saja kebutuhan per minggu itu tidak ada minyak goreng, paling tidak mulai pelan-pelan. Maka saya mengkampanyekan, selalu mulai dengan rebus, dengan slogan makan sehat,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, Danny Pomanto belakangan ini memang kerap melakukan kampanye gerakan menekan ketergantungan warga akan minyak goreng. Danny mengusulkan ide festival

“Supaya tidak usah kita seperti mati hidup hanya di minyak goreng saja. Kita rebus,” tegas Danny kepada wartawan, Rabu (23/3).

Makanya festival rebus diharapkan mengubah paradigma masyarakat untuk tidak selalu mengandalkan minyak goreng. Cara merebus jadi alternatif dalam memasak atau mengolah makanan.

“Untuk mengubah, beradaptasi dengan kondisi selalu tergantung dengan goreng-gorengan ini, maka saya bikin festival rebus,” ujar dia.

Padahal, kebiasaan mengolah atau memasak dengan cara direbus disebut lebih sehat dibandingkan dengan menggoreng. Momentum inilah yang akan ditekankan Danny dalam festival rebus.

“(Festival rebus) dengan judul, merebus lebih sehat daripada menggoreng,” cetus Danny.

Sumber (Detik.com

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Exit mobile version