Uncategorized

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) Serahkan Mesin Produksi Briket Arang ke CV. Celebes Energi Lestari (CELLS)

Makassar, 24 November 2023 – Dalam sebuah upacara resmi, Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) menyerahkan enam mesin produksi briket arang kepada CV. Celebes Energi Lestari (CELLS). Acara serah terima yang berlangsung pada Jumat, 24 November 2023, di kampus PNUP tersebut menandai langkah nyata dalam kerjasama antara Program Studi D4 Teknik Manufaktur dengan CELLS.
Mesin-mesin produksi yang diserahkan meliputi:
1. Mesin Pengayak
2. Mesin Penepung (Crusher)
3. Mesin Pengaduk (Mixer)
4. Mesin Pencetak
5. Mesin Conveyor Pemotong
6. Mesin Pengering (Oven)
Direktur CELLS, Ahmad Amiruddin, S.T., menerima mesin-mesin tersebut secara langsung. Proyek ini merupakan hasil kolaborasi antara lebih dari 20 mahasiswa dan 10 dosen pembimbing dari Program Studi D4 Teknik Manufaktur. Mesin-mesin tersebut dirancang dan diproduksi dengan penuh dedikasi oleh tim mahasiswa dan dosen.
Program Studi D4 Teknik Manufaktur di PNUP memiliki keunggulan spesifik dalam desain dan pembuatan komponen serta peralatan mesin yang berbasis pada industri pertanian dan perkebunan, kelautan dan perikanan, serta pertambangan dan energi. Keberhasilan proyek ini mencerminkan komitmen PNUP dalam menghasilkan lulusan yang tidak hanya memiliki pengetahuan akademis tetapi juga keterampilan praktis yang dapat diterapkan dalam industri.
Koordinator Program Studi Teknik Manufaktur menyatakan bahwa kerjasama semacam ini akan terus dikembangkan sebagai bagian integral dari Program Pengembangan Kerjasama Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) dengan Program Studi Teknik Manufaktur. Kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan industri di Indonesia.
CV. Celebes Energi Energi (CELLS) merupakan Perusahaan yang bergerak dalam penyediaan produk Biomass yang berasal dari Limbah Pertanian dan Perkebunan. CELLS saat ini memiliki 2 brand yaitu ENECO dan AMIR CHARCOAL. ENECO menyediakan produk sekam padi dan tongkol jagung untuk kebutuhan industri seperti pabrik semen dan PLTU. Adapun AMIR CHARCOAL menghasilkan produk briket arang.
Dalam wawancaranya, Direktur CELLS menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap kualitas mesin-mesin yang diserahkan dan berharap kerjasama ini dapat menjadi modelĀ untuk proyek serupa di masa depan. Semua pihak berharap bahwa proyek ini tidak hanya memberikan manfaat ekonomi tetapi juga membuka peluang untuk penelitian dan pengembangan lebih lanjut di bidang teknologi manufaktur.

Acara serah terima ini bukan hanya sebuah upacara formal, tetapi juga la

ngkah nyata dalam mewujudkan visi dan misi PNUP dalam mendukung pengembangan industri lokal dan nasional.

 

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *