SMAN 4 Mangkutana Nominator Terbaik Se Sulsel, Berada di Pinggiran Bumi Batara Guru


MAKASSAR (SULSEL), Makassarinfo.co.id –
Perpustakaan SMA Negeri 4 Luwu Timur di Kecamatan Mangkutana masuk nominasi perpustakaan terbaik pada Lomba Perpustakaan Sekolah SMA/ MA/ SMK Negeri dan swasta Tingkat Sulawesi Selatan Tahun 2021.

Selanjutnya, tim juri yang terdiri dari Dr Iskandar dari Pustakawan Perpustakaan Universitas Hasanuddin dan Tulus Wulan Juni dari Pustakawan Dinas Perpustakaan Makassar didampingi ketua panitia, Jumala Syamsuddin, melakukan peninjauan langsung untuk melihat kesesuaian antara instrumen lomba dan bukti fisik dengan kondisi yang sebenarnya.

Kunjungan tim penilai, Sabtu 29 Mei 2021, itu disambut Kepala SMAN 4 Lutim, Nursalam, beserta staf guru dan perwakilan siswa. Hadir pula sepasang duta baca pelajar dan suguhan tarian persembahan siswa.

Tim juri didampingi oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu Timur Satri, Kepala Seksi SMA Cabang Dinas Wilayah XII Sarminaliah, Pengawas Sekolah binaan Yospin Patayang, dan Ketua Komite Sekolah Suparjo.

Tim juri Dr Iskandar mengapresiasi dukungan semua pihak dalam pengembangan perpustakaan di daerah.

“Jika semua perpustakaan sekolah mendapat perhatian semua pihak seperti ini, maka penyelenggaraan perpustakaan sekolah sesuai standar cepat terwujud,” katanya memuji.

Kepala SMA Negeri 4 Luwu Timur dalam sambutannya mengisahkan pengembangan perpustakaan sekolahnya yang tidak lepas dari dukungan komite sekolah

“Walaupun sekolahnya berada di pinggiran, tetapi untuk urusan perpustakaan kami berkomitmen membuat senyaman mungkin keberadaan perpustakaan kepada siswa dan warga sekolah,” katanya.

Untuk mewujudkan komitmen itu, pengelola menghadirkan sejumlah fasilitas baca penunjang seperti Kafe Baca dengan berbagai menu minuman yang digemari siswa, area baca outdoor, gazebo baca dengan bentuk rumah joglo.

“Saya memiliki filosofi untuk siswa, lebih baik kamu terjebak di Perpustakaan dari pada kamu terjebak di tempat-tempat lain yang tidak ada manfaatnya,” kata Kepala Sekolah, Nursalam.

Apresiasi juga disampaikan Tulus Wulan Juni dari Dinas Perpustakaan Kota Makassar. Pustakawan yang terkenal dengan inovasi”Dongkel” nya ini, merasa senang atas keterlibatan penuh kepala sekolah sebagai penanggung jawab perpustakaan sekolah.

“Saya bangga dengan kepala sekolah yang memiliki visi untuk pengembangan perpustakaan sekolah karena baik tidaknya fasilitas layanan perpustakaan di sekolah itu juga dari sejauh mana perhatian kepala sekolahnya,” katanya.

Perpustakaan SMA Negeri 4 Luwu Timur yang berdiri tahun 1993 telah memiliki gedung tersendiri dengan beberapa area/ ruang seperti area buku bacaan umum, area baca, dan area multimedia yang masing-masing dapat menampung 1 kelas dan difasilitasi internet/ Wifi, area buku paket, area referensi, area pengolahan buku, area penelusuran buku-OPAC, dan area penunjang lainnya yang ditata menarik demi kenyamanan siswa dan warga sekolah.

(yul/yustus)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *